Sabtu, 29 September 2012

Tugas Psikologi dan Teknologi Internet


Nama : Dinda Rahma Luza
Kelas : 2PA04
NPM : 18511310



SEJARAH INTERNET

Kemunculaan internet dimulai pada tahun 1966 oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) denan ide yang sanat simpel, yaitu membuat jaringan komputer militer yang mampu bertukar data dari tempat yang jauh.
Di tahun 1969, ARPA dengan ARPANET-nya berhasil menghubungkan dua komputer di University of California, Los Angeles,dan SRI International di Menlo Park, California. Hal inilah yang menjadi salah satu embrio kelahiran internet. Di tahun 1974, TCP/IP (Transmission Control Protoco/Internet Protocol)diperkenalkan dan menjadi sangat populer serta diterima di tahun 80-an. TCP/IP adalah stkita r komunikasi data yang digunakan untuk proses tukar-menukar data dalam jarinan internet. Sederhananya, TCP/IP adalah aturan yang digunakan bersama dalam mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet.
TCP/IP menggunakan skema penalaman yang disebut IP Adress. Satu skema yang memberikan satu alamat kepada satu mesin komputer, yang membuat data yang disimpan di dalamnya dapat diakses oleh komputer lain.
Pada Oktober 1984, sistem domain name (.com, .org, .gov, .edu, etc)diperkenalkan. Domain name adalah salah satu cara untuk membuat internet menjadi lebih mudah untuk dijelajahi. Sederhananya Teknologi TCP/IP memberikan satu IP address untuk setiap komputer yang membuatnya dapat diakses oleh komputer lain. IP address ini terdiri dari beberapa deret angka, contohnya: 192.12.12.98. Domain name adalah salah satu usaha untuk membuat internet menjadi lebih manusiawi dengan cara menjadikan domain name sebagai “alias” dari IP address.
Jadi lebih mudah mengetikkan bloggingly.com daripada 192.12.12.98.
          Juni 1987, format gambar gif ditemukan. GIF, atau Graphic Interchange Format adalah salah satu format gambar digital yan relatif lebih efisien karena ukurannya yang lebih kecildaripada format gambar yang lain (misalnya .JPEG) yan segera membuat internet menjadi lebih berwarna dengan berbagai gambar dalm format .gif.
          Internet sebagai salah satu sumber informasi, saat ini berkembang denan pesat dan banyak diminati. Hampir semua kalangan menggunakan internet untuk tujuan pendidikan, bisnis, penelitian, dan lain-lain.

Ada dua peranan internet yang sangat penting, yaitu:
Ø     Sebagai sumber data dan informasi.
Ø     Sarana pertukaran data dan informasi.
Sebagai sumber data dan informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses segala informasi di internet dan belahan dunia manapun.

Sumber Artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.


LAYANAN ONLINE
Sistem Layanan Elektronik atau E-layanan (bahasa Inggris: Electronic Services disingkat E-Services) merupakan satu aplikasi terkemuka memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang berbeda. Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat sebagian peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan layanan elektronik. Meskipun definisi ini berbeda, dapat dikatakan bahwa mereka semua sepakat tentang peran teknologi dalam memfasilitasi pelayanan yang membuat mereka lebih dari layanan elektronik.
Menurut Rowley (2006) layanan elektronik di definisikan sebagai: “… perbuatan, usaha atau pertunjukan yang pengiriman di mediasi oleh teknologi informasi. Layanan elektronik tersebut meliputi unsur layanan e-tailing, dukungan pelanggan, dan pelayanan “. Definisi ini mencerminkan tiga komponen utama- penyedia layanan, penerima layanan dan saluran pelayanan (yaitu, teknologi). Misalnya, sebagai yang bersangkutan untuk layanan elektronik publik, badan publik adalah penyedia layanan dan warga negara serta bisnis penerima layanan. Saluran pelayanan adalah persyaratan ketiga dari layanan elektronik. Internet adalah saluran utama dari layanan elektronik pengiriman sementara saluran klasik lainnya juga dipertimbangkan.(misalnya telepon, call center, kios publik, telepon genggam, televisi).
Sejak awal pada akhir 1980-an di Eropa dan dikenal secara formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah AS  istilah ‘E-Government’ kini telah menjadi salah satu riset domain yang diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan sekarang telah memperoleh kepentingan strategis dalam modernisasi sektor publik. layanan eletronik merupakan salah satu cabang dari domain dan perhatiannya juga telah merayap di antara para praktisi dan peneliti.
‘Layanan elektronik merupakan layanan online yang tersedia di Internet, dimana transaksi yang valid untuk membeli dan menjual (pengadaan) adalah mungkin, sebagai lawan dari website tradisional, dimana hanya informasi deskriptif yang tersedia, dan tidak ada transaksi online adalah dimungkinkan.’ (Jeong, 2007)
Manfaat layanan elektronik
mengidentifikasi sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di antaranya:
  • Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
  • Memperluas jangkauan pasar
  • Menurunkan penghalang masuk ke pasar baru dan biaya mendapatkan pelanggan baru
  • Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
  • Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Sumber artikel: http://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_elektronik


ISP (Internet Service Provider)


Adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain. Lalu gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.



Fungsi ISP

Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Lalu, ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.


Macam-macam Internet Service Provider

Internet Service Provider adalah penyedia jasa layanan Internet, banyak cara ISP mengantarkan layanan internet ke rumah. Mulai dari dialup, ADSL, Wireless, HDSPA Modem, atau dengan Cable / Fiber Optic.

§        ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) menggunakan jaringan telepon namun berbeda dengan dial up. selain lebih cepat juga lebih unggul dari dial up karena kita tidak perlu memutuskan jaringan internet apabila ada telepon masuk.

§        HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) adalah teknologi yang dipunyai seluler untuk transfer data dalam waktu yang cepat. atau biasa disebut teknologi 3,5 G lanjutan dari teknologi 3G.

§        Wireless.
Dapat digunakan untuk mendapatkan koneksi internet. Dengan wireless sendiri pun dapat di bagi menjadi 2 macam, yakni dengan modem Wireless yang dapat mobile atau dengan antena yang tidak mobile. salah satu contohnya adalah netzap.



Sumber artikel: http://en.wikipedia.org/wiki/IS



SEJARAH WORLD WIDE WEB

November 1990, format World Wide Web atau www diperkenalkan oleh Tim Barners Lee, seorang karyawan CERN (Organisasi gabungan negara-negara Eropa yang meneliti teknologi nuklir). Komputer yang berkomunikasi melalui jaringan internet, harus memenuhi aturan, yaitu ketentuan World Wide Web atau disingkat web.www adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web, kita bisa mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga bisa berupa gambar, suara, video, dan animasi.
Www merupakan sekelompok teks atau dokumen multimedia yang saling berhubungan, Keterkaitan antarhalaman atau dokumen melalui teks ini disebut hyperlink. Sedangkan keterkaitan antara dokumen disebut hypermedia.

Manfaat layanan World Wide Web adalah:

1.     Sebagai salah satu sumber informasi untuk memperkaya mater-materi pelajaran seperti sains, agama, kesenian, dll.
2.     Sebagai media untuk menawarkan produk sebuah perusahaan (iklan).
3.     Sebagai media untuk mencari teman baru yang ada di seluruh dunia.
4.     Sebagai media untuk berkirim file antarteman.

Adapun kerugian yang ditimbulkan oleh fasilitas ini dikarenakan bebasnya informasi yang bisa ditampilkan. Informasi ini seharusnya untuk orang dewasa dapat diakses oleh anak-anak dan juga informasi yang tampil dengan kata-kata yang tidak sopan atau kasar yang dapat mengakibatkan rusaknya moral kita.

Fungsi Web

Website mempunyai fungsi yang bermacam-macam, bergantung dari tujuan dan jenis website yang dibangun, tetapi secara garis besar dapat berfungsi sebagai berikut.
1.     Media promosi.
Sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau toko online.

2.     Media pemasaran.
Pada toko online atau sistem afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik, karena dibandingkan dengan toko sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan modal yang relatif lebih kecil,dan dapat beroperasi 24 jam walaupun pemilik website tersebut sedan beristirahat atau sedang tidak di tempat, serta dapat diakses dari mana saja.

3.     Media informasi.
Website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media informasi konvensial seperti koran, majalah, radio, atau televisi yang bersifat lokal.

4.     Media pendidikan.
Ada komunitas yang membangun website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi ilmiah, misalnya wikipedia.

5.     Media komunikasi.
Sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yan dapat memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan maslah tertentu.


Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.


EMAIL

1.     Pengertian email.

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik atau nama umumnya dalam bahasa ingris “e-mail atau email” adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa umunya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah baiya untuk membayar sambungan internet.

2.     Sejarah Email.

Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang komputer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Benerek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan eksperimennya dengan mengunakan file protocol yang bernama CYPNET, sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah email. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim oleh Ray, dan merupakan e-mail pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.

3.     Manfaat Email.

Manfaat dan kegunaan email bagi tiap-tiap kita berbeda-beda atau relatif. Di era informasi ini akun email atau biasa kita sebut email, sangat penting bagi seorang netter. Tanpa email seorang netter tidak bisa berbuat apa-apa. Sesuai namanya email bisa kita gunakan untuk berkirim surat secara instan di internet. Tidak hanya itu, email memilki beberapa manfaat dan kegunaan lainnya yaitu:
·         Perkembangan situs jejaring sosial
·         Akses dunia pendidikan yang lebih luas
·         Akses dunia kerja secara langsung
·         Sarana promosi product barang atau jasa

Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana

SEARCH ENGINE

  • Mengenal Search Engine

1.     www.google.com

Google adalah mesin pencari otomatis yang menggunakan software yang dinamakan spiders (robotnya google). Spiders bekerja untuk mencari web secara teratur dan menambah web yan dicarinya ke dalam index database google.
          Untuk melihat apakah web sudah masuk atau belumke dalam index database google, dapat dilakukan dengan mengunjungi website google.com kemudian mengetikkan URL website atau kata kunci tertentu pada kolom pencarian. Misalnya kita ingin melihat berapa banyak alamat URL www.geluduk.blogspot.com yang sudah dibaca oleh database google, maka perintahnya adalah “site:geluduk.blogspot.com”, ketik pada form tanpa tanda petik lalu Enter, maka lihat berapa banyak URL tersebut yang sudah terindex oleh database google.

2.      www. Yahoo.com

Yahoo.com adalah salah satu mesin pencari terbesar selain google dan bing.com. yahoo! Mempunyai mesin pencari yang dinamakan My Web2.0, mesin pencari ini melengkapi pencarian web dengan menambahkan komunitas terhadap kata kunci yang dicari tersebut.
Teknologi dari yahoo dinamakan My Rank adalah selain menemukan halaman-halaman yang dicari juga menemukan kata kunci yang di cari tersebut sehingga akan menimbulkan komunitas.

3.     www.bing.com

Bing.com merupakan search engine yan bernaung di bawah bendera Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni live search, windows mobile search, dan Msn search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 31 Juni 2009 dan menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu live search.

Ada beberapa mesin pencari lainnya yang perlu diketahui, setidaknya untuk menambah informasi:
·         Baidu.com (www.baidu.com) mesin pencari ini berasal dari Cina yang saat ini menjadi pesaing google di Cina.
·        Ask.com ( www.ask.com ) mesin pencari ini disebut juga dengan ask jeeves yang didirikan pada tahun 1996.
·        Technorati.com (www.technorati.com) mesin pencari ini merupakan salah satu search engine yang mengkhususkan diri pada blog.

Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.



CHATTING

Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui sebuah tulisan yang terjadi secara tidak langsung, dengan mengunakan koneksi internet, yang mana pesan itu dikirim sangat cepat, tanpa harus menunggu terlebih dahulu.
Chatting dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer, contohnya adalah MIRC, dan Yahoo Messenger(YM). Chatting juga dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial. Chatting juga dapat dilakukan lewat hp dengan aplikasi Mig33.
Xat.com adalah chat box online yang keren dan mudah dipergunakan.



SEJARAH CHATTING
YM pertama kali dirilis pada 9 Maret 1998. Pada saat itu, nama pertamanya adalah Yahoo Pager, namun kemudian berubah namanya menjadi Yahoo Messanger. Di Amerika Serikat, layanan ini biasa disebut YIM. Sejak dulu hingga sekarang, fasilitas ini gratis digunakan. Sebagai sebuah layanan, Yahoo menyatukannya dengan layanan Yahoo! Mail, sehingga pengguna akan diinfokan kehadiran surat yang masuk saat sedang chatting.
Menu lain yang ditawarkan canggih juga. Misalnya mengobrol dari sesama pengguna YM di komputer atau dari telepon rumah/seluler ke komputer, video conference, transfer file, layanan pesan singkat ke ponsel, dst. Dalam urusan mengirim file, ukurannya bisa sampai 2GB. Di sisi lain, saat chatting, pengguna sebenarnya bisa mendengarkan Yahoo! Music Radio dengan tersambung ke siaran radio yang sayangnya berbayar.
Isi chatting sendiri memungkinkan dikirim kapanpun, alias pesan baru terbaca saat pengguna aktif atau biasa disebut offline messaging. Bahkan, ada juga menu games di YM yang perlu aktivasi program Java sebelumnya.Namun demikian, prakteknya, fitur canggih ini tak tersedia di seluruh negara. Contohnya layanan mengobrol suara dari telepon ke YM di komputer baru disediakan Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis.
Pihak Yahoo sendiri terus mengembangkan layanan chatting ini. Selain menjalin aliansi dengan Windows Live Messanger (layanan chatting milik Microsoft) pada 12 Juli 2006, versi YM terbaru juga bisa membuat pengguna chatting ke facebook.
Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.




NETIQUETTE

Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka

beberapa peraturannya adalah :
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

2. Kutip Seperlunya

Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwidth server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.

3. Perlakuan terhadap Pesan Pribadi

Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.

4. Hati-hati terhadap Informasi/ Berita Hoax

Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.