Nama : Dinda Rahma Luza
Kelas : 2PA04
NPM : 18511310
SEJARAH INTERNET
Kemunculaan
internet dimulai pada tahun 1966 oleh ARPA (Advanced Research Project Agency)
denan ide yang sanat simpel, yaitu membuat jaringan komputer militer yang mampu
bertukar data dari tempat yang jauh.
Di tahun 1969,
ARPA dengan ARPANET-nya berhasil menghubungkan dua komputer di University of
California, Los Angeles,dan SRI International di Menlo Park, California. Hal
inilah yang menjadi salah satu embrio kelahiran internet. Di tahun 1974, TCP/IP
(Transmission Control Protoco/Internet Protocol)diperkenalkan dan
menjadi sangat populer serta diterima di tahun 80-an. TCP/IP adalah stkita r
komunikasi data yang digunakan untuk proses tukar-menukar data dalam jarinan
internet. Sederhananya, TCP/IP adalah aturan yang digunakan bersama dalam
mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet.
TCP/IP
menggunakan skema penalaman yang disebut IP Adress. Satu skema yang
memberikan satu alamat kepada satu mesin komputer, yang membuat data yang
disimpan di dalamnya dapat diakses oleh komputer lain.
Pada Oktober
1984, sistem domain name (.com, .org, .gov, .edu, etc)diperkenalkan. Domain
name adalah salah satu cara untuk membuat internet menjadi lebih mudah untuk
dijelajahi. Sederhananya Teknologi TCP/IP memberikan satu IP address untuk
setiap komputer yang membuatnya dapat diakses oleh komputer lain. IP address
ini terdiri dari beberapa deret angka, contohnya: 192.12.12.98. Domain name
adalah salah satu usaha untuk membuat internet menjadi lebih manusiawi dengan
cara menjadikan domain name sebagai “alias” dari IP address.
Jadi lebih mudah mengetikkan
bloggingly.com daripada 192.12.12.98.
Juni
1987, format gambar gif ditemukan. GIF, atau Graphic Interchange Format adalah
salah satu format gambar digital yan relatif lebih efisien karena ukurannya
yang lebih kecildaripada format gambar yang lain (misalnya .JPEG) yan segera
membuat internet menjadi lebih berwarna dengan berbagai gambar dalm format
.gif.
Internet
sebagai salah satu sumber informasi, saat ini berkembang denan pesat dan banyak
diminati. Hampir semua kalangan menggunakan internet untuk tujuan pendidikan,
bisnis, penelitian, dan lain-lain.
Ada dua peranan internet yang sangat
penting, yaitu:
Ø Sebagai sumber data dan
informasi.
Ø Sarana pertukaran data dan
informasi.
Sebagai
sumber data dan informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan
jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses segala informasi di internet
dan belahan dunia manapun.
Sumber Artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi
dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.
LAYANAN ONLINE
Sistem Layanan Elektronik atau E-layanan (bahasa Inggris: Electronic
Services disingkat E-Services) merupakan satu aplikasi
terkemuka memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang
berbeda. Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat
sebagian peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan
layanan elektronik. Meskipun definisi ini berbeda, dapat dikatakan bahwa mereka
semua sepakat tentang peran teknologi dalam memfasilitasi pelayanan yang
membuat mereka lebih dari layanan elektronik.
Menurut Rowley (2006) layanan elektronik di
definisikan sebagai: “… perbuatan, usaha atau pertunjukan yang pengiriman di
mediasi oleh teknologi informasi. Layanan elektronik tersebut meliputi unsur
layanan e-tailing, dukungan pelanggan, dan pelayanan “. Definisi ini
mencerminkan tiga komponen utama- penyedia layanan, penerima layanan dan
saluran pelayanan (yaitu, teknologi). Misalnya, sebagai yang bersangkutan untuk
layanan elektronik publik, badan publik adalah penyedia layanan dan warga
negara serta bisnis penerima layanan. Saluran pelayanan adalah persyaratan
ketiga dari layanan elektronik. Internet adalah saluran utama dari layanan
elektronik pengiriman sementara saluran klasik lainnya juga
dipertimbangkan.(misalnya telepon, call center, kios publik, telepon genggam,
televisi).
Sejak awal pada akhir 1980-an di Eropa dan dikenal
secara formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah AS istilah ‘E-Government’
kini telah menjadi salah satu riset domain yang diakui terutama dalam konteks
kebijakan publik dan sekarang telah memperoleh kepentingan strategis dalam modernisasi
sektor publik. layanan eletronik merupakan salah satu cabang dari domain dan
perhatiannya juga telah merayap di antara para praktisi dan peneliti.
‘Layanan elektronik
merupakan layanan online yang tersedia di Internet, dimana transaksi yang valid
untuk membeli dan menjual (pengadaan) adalah mungkin, sebagai lawan dari
website tradisional, dimana hanya informasi deskriptif yang tersedia, dan tidak
ada transaksi online adalah dimungkinkan.’ (Jeong, 2007)
Manfaat layanan elektronikmengidentifikasi sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di antaranya:
- Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
- Memperluas jangkauan pasar
- Menurunkan penghalang masuk ke pasar baru dan biaya mendapatkan pelanggan baru
- Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
- Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
Sumber artikel:
http://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_elektronik
ISP (Internet Service Provider)
Adalah
perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya
kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena
dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti
salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan
perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan
jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan
wireless. Teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel,
mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain. Lalu gimana sebenarnya
kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian
besar ISP memerlukan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1,
tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.
Fungsi ISP
Sebagai
perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet.
Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Lalu,
ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
Macam-macam
Internet Service Provider
Internet Service Provider
adalah penyedia jasa layanan Internet, banyak cara ISP mengantarkan layanan
internet ke rumah. Mulai dari dialup, ADSL, Wireless, HDSPA Modem, atau dengan
Cable / Fiber Optic.
§
ADSL
(Asymmetric Digital Subscriber Line) menggunakan jaringan telepon namun berbeda
dengan dial up. selain lebih cepat juga lebih unggul dari dial up karena kita
tidak perlu memutuskan jaringan internet apabila ada telepon masuk.
§
HSDPA
(High-Speed Downlink Packet Access)
adalah teknologi yang dipunyai seluler untuk transfer data dalam waktu
yang cepat. atau biasa disebut teknologi 3,5 G lanjutan dari teknologi 3G.
§
Wireless.
Dapat
digunakan untuk mendapatkan koneksi internet. Dengan wireless sendiri pun dapat
di bagi menjadi 2 macam, yakni dengan modem Wireless yang dapat mobile atau
dengan antena yang tidak mobile. salah satu contohnya adalah netzap.
Sumber
artikel: http://en.wikipedia.org/wiki/IS
SEJARAH WORLD WIDE WEB
November 1990, format World
Wide Web atau www diperkenalkan oleh Tim Barners Lee, seorang karyawan CERN
(Organisasi gabungan negara-negara Eropa yang meneliti teknologi nuklir).
Komputer yang berkomunikasi melalui jaringan internet, harus memenuhi aturan,
yaitu ketentuan World Wide Web atau disingkat web.www adalah bagian yang paling
menarik dari internet. Melalui web, kita bisa mengakses informasi-informasi
yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga bisa berupa gambar, suara, video, dan
animasi.
Www merupakan sekelompok
teks atau dokumen multimedia yang saling berhubungan, Keterkaitan antarhalaman
atau dokumen melalui teks ini disebut hyperlink. Sedangkan keterkaitan antara
dokumen disebut hypermedia.
• Manfaat
layanan World Wide Web adalah:
1.
Sebagai
salah satu sumber informasi untuk memperkaya mater-materi pelajaran seperti
sains, agama, kesenian, dll.
2.
Sebagai
media untuk menawarkan produk sebuah perusahaan (iklan).
3.
Sebagai
media untuk mencari teman baru yang ada di seluruh dunia.
4.
Sebagai
media untuk berkirim file antarteman.
Adapun kerugian yang
ditimbulkan oleh fasilitas ini dikarenakan bebasnya informasi yang bisa
ditampilkan. Informasi ini seharusnya untuk orang dewasa dapat diakses oleh
anak-anak dan juga informasi yang tampil dengan kata-kata yang tidak sopan atau
kasar yang dapat mengakibatkan rusaknya moral kita.
• Fungsi
Web
Website mempunyai fungsi
yang bermacam-macam, bergantung dari tujuan dan jenis website yang dibangun,
tetapi secara garis besar dapat berfungsi sebagai berikut.
1.
Media
promosi.
Sebagai media promosi dapat
dibedakan menjadi media utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search
engine atau toko online.
2.
Media
pemasaran.
Pada toko online atau sistem
afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik, karena
dibandingkan dengan toko sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko
online diperlukan modal yang relatif lebih kecil,dan dapat beroperasi 24 jam
walaupun pemilik website tersebut sedan beristirahat atau sedang tidak di
tempat, serta dapat diakses dari mana saja.
3.
Media
informasi.
Website portal dan radio atau
tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari
mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih
luas daripada media informasi konvensial seperti koran, majalah, radio, atau
televisi yang bersifat lokal.
4.
Media
pendidikan.
Ada komunitas yang membangun
website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi
ilmiah, misalnya wikipedia.
5.
Media
komunikasi.
Sekarang banyak terdapat
website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yan dapat
memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau
membantu pemecahan maslah tertentu.
Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi
dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.
EMAIL
1.
Pengertian email.
Surat
elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik atau
nama umumnya dalam bahasa ingris “e-mail atau email” adalah sarana kirim
mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa umunya pengirim perlu
membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik
umumnya biaya yang dikeluarkan adalah baiya untuk membayar sambungan internet.
2.
Sejarah Email.
Surat
elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum
terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep
e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang komputer
engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt,
Benerek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya
Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai
komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan
eksperimennya dengan mengunakan file protocol yang bernama CYPNET, sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah email. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim oleh Ray, dan merupakan e-mail pertama di dunia adalah
“QWERTYUIOP”.
Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan
id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
3.
Manfaat Email.
Manfaat
dan kegunaan email bagi tiap-tiap kita berbeda-beda atau relatif. Di era
informasi ini akun email atau biasa kita sebut email, sangat penting bagi
seorang netter. Tanpa email seorang netter tidak bisa berbuat apa-apa. Sesuai
namanya email bisa kita gunakan untuk berkirim surat secara instan di internet.
Tidak hanya itu, email memilki beberapa manfaat dan kegunaan lainnya yaitu:
·
Perkembangan situs jejaring
sosial
·
Akses dunia pendidikan yang
lebih luas
·
Akses dunia kerja secara
langsung
·
Sarana promosi product
barang atau jasa
Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi
dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana
SEARCH ENGINE
- Mengenal Search Engine
Google adalah
mesin pencari otomatis yang menggunakan software yang dinamakan spiders
(robotnya google). Spiders bekerja untuk mencari web secara teratur dan
menambah web yan dicarinya ke dalam index database google.
Untuk
melihat apakah web sudah masuk atau belumke dalam index database google, dapat
dilakukan dengan mengunjungi website google.com kemudian mengetikkan URL
website atau kata kunci tertentu pada kolom pencarian. Misalnya kita ingin
melihat berapa banyak alamat URL www.geluduk.blogspot.com
yang sudah dibaca oleh database google, maka perintahnya adalah
“site:geluduk.blogspot.com”, ketik pada form tanpa tanda petik lalu Enter, maka
lihat berapa banyak URL tersebut yang sudah terindex oleh database google.
2.
www. Yahoo.com
Yahoo.com adalah
salah satu mesin pencari terbesar selain google dan bing.com. yahoo! Mempunyai
mesin pencari yang dinamakan My Web2.0, mesin pencari ini melengkapi pencarian
web dengan menambahkan komunitas terhadap kata kunci yang dicari tersebut.
Teknologi dari
yahoo dinamakan My Rank adalah selain menemukan halaman-halaman yang dicari
juga menemukan kata kunci yang di cari tersebut sehingga akan menimbulkan
komunitas.
3.
www.bing.com
Bing.com
merupakan search engine yan bernaung di bawah bendera Microsoft terhadap ketiga
mesin pencari produksinya terdahulu, yakni live search, windows
mobile search, dan Msn search. Produk mesin pencari yang baru ini
secara resmi diluncurkan pada tanggal 31 Juni 2009 dan menggantikan mesin
pencari sebelumnya, yaitu live search.
Ada beberapa
mesin pencari lainnya yang perlu diketahui, setidaknya untuk menambah
informasi:
·
Baidu.com (www.baidu.com) mesin pencari ini berasal dari
Cina yang saat ini menjadi pesaing google di Cina.
·
Ask.com ( www.ask.com ) mesin
pencari ini disebut juga dengan ask jeeves yang didirikan pada tahun 1996.
·
Technorati.com (www.technorati.com)
mesin pencari ini merupakan salah satu search engine yang mengkhususkan diri
pada blog.
Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi
dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.
CHATTING
Chatting adalah
sebuah pembicaraan melalui sebuah tulisan yang terjadi secara tidak langsung,
dengan mengunakan koneksi internet, yang mana pesan itu dikirim sangat cepat,
tanpa harus menunggu terlebih dahulu.
Chatting dapat
dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer, contohnya adalah MIRC, dan Yahoo
Messenger(YM). Chatting juga dilakukan dengan menggunakan situs jejaring
sosial. Chatting juga dapat dilakukan lewat hp dengan aplikasi Mig33.
Xat.com adalah
chat box online yang keren dan mudah dipergunakan.
SEJARAH CHATTING
YM pertama kali dirilis pada 9 Maret 1998. Pada saat itu,
nama pertamanya adalah Yahoo Pager, namun kemudian berubah namanya menjadi
Yahoo Messanger. Di Amerika Serikat, layanan ini biasa disebut YIM. Sejak dulu
hingga sekarang, fasilitas ini gratis digunakan. Sebagai sebuah layanan, Yahoo
menyatukannya dengan layanan Yahoo! Mail, sehingga pengguna akan diinfokan
kehadiran surat yang masuk saat sedang chatting.
Menu lain yang ditawarkan canggih juga. Misalnya
mengobrol dari sesama pengguna YM di komputer atau dari telepon rumah/seluler
ke komputer, video conference, transfer file, layanan pesan
singkat ke ponsel, dst. Dalam urusan mengirim file, ukurannya bisa
sampai 2GB. Di sisi lain, saat chatting, pengguna sebenarnya bisa
mendengarkan Yahoo! Music Radio dengan tersambung ke siaran radio yang
sayangnya berbayar.
Isi chatting sendiri memungkinkan dikirim
kapanpun, alias pesan baru terbaca saat pengguna aktif atau biasa disebut offline
messaging. Bahkan, ada juga menu games di YM yang perlu aktivasi
program Java sebelumnya.Namun demikian, prakteknya, fitur canggih ini tak
tersedia di seluruh negara. Contohnya layanan mengobrol suara dari telepon ke
YM di komputer baru disediakan Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis.
Pihak Yahoo sendiri terus mengembangkan layanan chatting
ini. Selain menjalin aliansi dengan Windows Live Messanger (layanan chatting
milik Microsoft) pada 12 Juli 2006, versi YM terbaru juga bisa membuat pengguna
chatting ke facebook.
Sumber artikel :
Fajar, Ahmad. 2007. Teknologi Informasi
dan Komunikasi. Bogor: Graphia Buana.
NETIQUETTE
Netiquette
merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan
komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai
pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik
dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka
beberapa peraturannya adalah :
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.
2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwidth server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Perlakuan terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.
4. Hati-hati terhadap Informasi/ Berita Hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka
beberapa peraturannya adalah :
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.
2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwidth server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Perlakuan terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.
4. Hati-hati terhadap Informasi/ Berita Hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar