Sabtu, 27 Oktober 2012

Dampak Positif dan Negatif dari Internet yang Dirasakan Secara Individu


Kemajuan teknologi informasi saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi ini adalah internet.
Internet ini telah dirasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bekerja, kuliah, sekolah, maupun hanya sebagai media hiburan.
Tidak dapat dipungkiri internet sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.Banyak orang yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini, baik muda, tua, anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Termasuk saya sendiri yang juga sebagai pengguna internet merasakan manfaatnya, kali ini saya akan menuliskan tentang dampak positif dan negatif dari internet yang saya rasakan.

Dampak Positif .

Dapat meningkatkan fungsi kognitif, Karena saya mendapat berbagai macam informasi yang bermanfaat dari internet sehingga dapat menambah pengetahuan. Meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, Dengan adanya jejaring sosial di internet memudahkan saya untuk berkomunikasi dengan teman-teman atau saudara yang sudah lama tidak bertemu maupun yang berada jauh, dan juga saya dapat menambah teman baru dari dunia luar pada jejaring sosial tersebut. Selain itu dengan adanya permainan-permainan ataupun situs hiburan lainnya yang dapat diakses melalui internet dapat mengurangi tingkat stress dan mengurangi kejenuhan yang saya rasakan akibat rutinitas yang dilalui setiap hari. Dari informasi-informasi yang saya dapatkan dari internet saya dapat meningkatkan prestasi dalam hal study, karena ilmu yang saya dapat tidak hanya dari bangku sekolah dan kuliah saja tapi juga dari internet yang dapat memudahkan saya dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah dengan menggunakan search engine seperti google. Karena saya termasuk orang yang pemalu, saya dapat menumbuhkan kepercayaan diri dengan memasang foto pada akun-akun yang dimiliki di internet. Dapat meningkatkan kreatifitas saya melalui  blog yang ada di internet. Tumbuhnya self disclosure pada diri saya yang cenderung introvert sehingga saya dapat lebih terbuka kepada orang lain.
Dapat menjadi sarana untuk bertukar pikiran mengenai suatu topik/permasalahan, sehingga dapat memberikan ide atau solusi pada saya ataupun orang yang memberi komentar pada blog saya. Beberapa aksi kemanusiaan dalam menghadapi peristiwa-peristiwa besar seperti bencana alam dapat diakses langsung oleh masyarakat luas. Aksi tersebut memicu tumbuhnya solidaritas untuk merasakan bahkan membantu individu lain yang sedang tertimpa musibah. Hal tersebut dapat mendorong perkembangan moral yang baik. Internet juga memudahkan saya jika ingin memiliki lagu-lagu ataupun menonton film, melalui search engine yang ada pada internet saya dapat mendownload lagu atau film yang saya inginkan.





















Dampak Negatif.

Selain memiliki dampak positif, di sisi lain internet memiliki dampak negatif yang saya rasakan sebagai pengguna internet. Sebagai mahasiswi saya terkadang menjadi lupa waktu untuk belajar ketika sudah berhubungan dengan internet, contohnya seperti ketika main game atau ketika sudah membuka akun-akun jejaring sosial yang saya miliki di internet. Sering sekali internet juga menimbulkan tindak agresi yang dapat memicu pertengkaran antara pasangan, teman, atau bahkan keluarga. Hanya karena salah tulis dalam jejaring sosial dapat menimbulkan kesalahpahaman dengan orang lain. Bagi remaja seperti saya ini pertengkaran yang cenderung terjadi dengan pasangan dan teman karena remaja lebih sering menggunakan jejaring sosial untuk berhungan dengan teman ataupun pasangan. Sekarang ini internet juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjual produk-produk melalui jejaring sosial yang menyebabkan saya terkadang merasa tergiur dengan produk-produk yang ditawarkan sehingga membuat saya menjadi shopaholic , padahal barang yang dibeli belum tentu bermutu dan bermanfaat buat saya sendiri. Internet juga sudah menjadi tempat berkembang biaknya virus, worm, trojan, dan spyware yang dapat membuat komputer atau laptop saya menjadi rusak dan data-data yang sangat penting menjadi hilang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar